KECERDASAN SOSIAL QUR’ANI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF

KECERDASAN SOSIAL QUR’ANI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Judul: Kecerdasan Sosial qur’ani Melalui Pembelajaran Kooperatif

Pengarang:Siti Maria Ulfa

Penerbit:YPM

ISBN:9786025576836

Jumlah Halaman:422

Buku ini menyimpulkan bahwa, kecerdasan sosial merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti orang lain dan peduli dimensi kecerdasan sosial perspektif al-Qur’an yang penulis temukan yaitu dimensi perasaan (aspek afektif) dan dimensi tinddakan (aspek psikomotorik). Dalam dimensi perasaan (aspek afektif) terdiri atas empat dan ikhlas, sedangkan dimensi tindakan  (ranakn psikomotorik) terdiri atas tolong-menolong, silaturahim, kepedulian dan komunikasi. Artinya Al-Qur’an mendeskripsikanj tentang keseimbangan antara habl ma’aKhaliqih dan Habl ma’a ikhwanih. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan siswa, yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik, jenis kelamin, ras atau suku yang berbeda (heterogen). Pembelajaran kooperatif dapat membentuk ketrampilan interpersonal karena ada unsur bekerjasama, saling membantu,l tolong-menolong dan diskusi. hal ini berdasarkan dua indikator pembelajaran kooperatif persepektif al-quran yang  penulis temukan, model pembelajaran kooperatif dapat membantu meningkatkan kecerdasan sosial anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *