Judul: Kecerdasan Sosial qur’ani Melalui Pembelajaran Kooperatif
Pengarang:Siti Maria Ulfa
Penerbit:YPM
ISBN:9786025576836
Jumlah Halaman:422
Buku ini menyimpulkan bahwa, kecerdasan sosial merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti orang lain dan peduli dimensi kecerdasan sosial perspektif al-Qur’an yang penulis temukan yaitu dimensi perasaan (aspek afektif) dan dimensi tinddakan (aspek psikomotorik). Dalam dimensi perasaan (aspek afektif) terdiri atas empat dan ikhlas, sedangkan dimensi tindakan (ranakn psikomotorik) terdiri atas tolong-menolong, silaturahim, kepedulian dan komunikasi. Artinya Al-Qur’an mendeskripsikanj tentang keseimbangan antara habl ma’aKhaliqih dan Habl ma’a ikhwanih. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan siswa, yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik, jenis kelamin, ras atau suku yang berbeda (heterogen). Pembelajaran kooperatif dapat membentuk ketrampilan interpersonal karena ada unsur bekerjasama, saling membantu,l tolong-menolong dan diskusi. hal ini berdasarkan dua indikator pembelajaran kooperatif persepektif al-quran yang penulis temukan, model pembelajaran kooperatif dapat membantu meningkatkan kecerdasan sosial anak.